Saturday, 12 December 2015

Pengertian Repository dan Cara Menambahkannya

Haii sobat tux, kali ini aku akan membahas bagaimana cara menambahkan repository lokal di ubuntu kita. Sebelum itu apakah kamu sudah tahu apa itu repository ? dan apa sih kelebihan repository lokal itu ?
Oke, jika kamu belum tahu jawaban dari pertanyaan diatas, mari kita bahas satu-persatu.
Apa itu repository ?
Secara bahasa pengertian repository adalah gudang, nah, repository merupakan gudang yang terdapat di ubuntu atau distro linux lainnya, fungsinya menjadi gudang yang menyediakan paket aplikasi. Secara gampangnya repository merupakan software center, jika di sistem operasi mobile Android ada playstore, maka di ubuntu atau distro linux lainnya ada repository.
Sudah faham kan apa itu repository ? nah, sekarang kita lanjut ke pembahasan apa kelebihan repository lokal itu ?
Salah satu kelebihan dari repository lokal ini adalah kualitas unduhan yang relatif cepat dan stabil ketimbang menggunakan repository luar negeri. karena repository merupakan gudang aplikasi, maka yang menjadi pertimbangan pertama adalah kualitas unduhan. Analoginya seperti ini, kamu mau membeli buku, ada dua toko buku yang menyediakan buku yang kamu perlukan, dengan kualitas buku yang sama, tapi lokasi toko yang berbeda, yang jelas kamu memilih toko yang lebih dekat karena lebih cepat sampai dan menghemat ongkos jalan. seperti itu lah contoh dari kelebihan repository lokal.
Dari pembahasan di atas kamu sudah mengerti kan apa itu repository dan apa kelebihan menggunakan repository lokal. Selanjutnya langsung kita praktekan bagaimana cara menambahkan repository lokal di ubuntu kita.
  1. Kamu buka terminal dengan menekan CTRL+ALT+T.
  2. Jika terminal sudah terbuka ketikan kode dibawah ini
    mahdusabrori.my.id
  3. sudo gedit /etc/apt/sources.list
  4. Setelah kamu mengetikan kode diatas kamu akan diminta untuk memasukan password ubuntu kamu, jika berhasil akan muncul halaman gedit seperti gambar di bawah ini :
    mahdusabrori.my.id
  5. Langkah selanjutnya pilih/copy repository lokal berdasarkan versi ubuntu kamu  DISINI, sebagai contoh saya menggunakan repository ubuntu 14.04 via Kambing UI.
  6. Selanjutnya paste ke halaman gedit yang sudah kamu buka tadi, dan hasilnya seperti ini
    mahdusabrori.my.id
  7. Setelah itu kamu save, selanjutnya update repository kamu dengan mengetikan kode di bawah ini di terminal
  8. sudo apt-get update
  9. Tunggu sampai update berhasil 100%

Nah, jika sudah 100% kamu sudah bisa menggunkan repository tersebut untuk menginstall paket aplikasi yang kamu butuhkan.
Sekian Dulu tutorial mengenai linux, semoga tutorial ini bermanfaat.

Bagikan

Jangan lewatkan

Pengertian Repository dan Cara Menambahkannya
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.