Saturday, 16 June 2018

Belajar CorelDraw: Menghapus Background Foto di CorelDraw X7


Bagi yang sudah familiar dengan pengolah photo seperti Photoshop pasti sudah tidak kesulitan lagi jika hanya menghapus background foto.
Tapi berbeda kasusnya jika seorang yang terbiasa menggunakan photoshop ingin menghapus background foto menggunakan Corel Draw. Meski sebenarnya menu Erase tool dan Crop tool juga ada di Corel Draw, tapi teknik penerapannya sedikit berbeda ketimbang Erase tool atau Crop tool yang ada di Photoshop.
Lagian pula fungsi Crop tool kan sebatas croping dalam satu dimensi saja, yakni persegi empat. Padahal terkadang kita butuhnya menghapus objek yang sudutnya lebih komplek ketimbang segi empat. Misalkan backgroud orang, binatang, pohon, dan sebagainya.
Termasuk Erase tool. Kalau tidak pengalaman menggunakan fitur tersebut, akan terasa sulit mempresisikan objek yang akan kita hapus sesuai keinginan kita.
Berdasarkan pengalamanku, saya lebih suka menggunakan menu Pen tool yang ada di Corel Draw untuk mengcrop/memotong bagian objek. Menurutku sih lebih simple dan praktis saja.
Caranya cuma tinggal membuat shape mengikuti objek yang mau dihapus/crop menggunakan Peen tool, lalu Intersect.
Untuk menampilkan menu intersect, cukup dengan select shape dan objeknya. Cara selectnya bisa dengan CTRL+A atau menekan SIFT lalu klik shape dan objeknya secara bergantian.
Bagaimana langkah-langkahnya?
Sebenarnya aku sudah buat video tutorialnya yang sudah aku upload dibawah ini. Tinggal kalian tonton dan ikuti langkah-langkahnya. Berdasarkan pengalamanku, belajar dengan media video lebih mudah dipahami.
BTW, jangan lupa di subcribe ya, biar tidak ketinggalan tutorial-tutorial lainnya.



Bagikan

Jangan lewatkan

Belajar CorelDraw: Menghapus Background Foto di CorelDraw X7
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.